^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2014-10-07 23:11:32 - Bupati Tinjau Pengerjaan Jalan Tembus ke Kab. Darmasraya <0> 2014-10-08 23:04:19 - Bupati Buka MTQ ke-36 Tingkat Kecamatan Sangir Jujuan <0> 2014-09-29 15:54:19 - Bupati Solsel Terima Anugerah Aksara Madya <0> 2014-10-01 15:49:09 - Wabup Resmikan Mesjid Jami’aturahmah <0> 2014-09-29 11:01:33 - Bersiap Hadapi MEA 25 Pengrajin Makanan Dilatih Meningkatkan Mutu dan Kualitas Produk <0>
 

BERITA FOTO

2011-09-07 : Berita Foto 1

Hot Water Boom

2011-09-07 : Wisata

JAJAK PENDAPAT

Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?

Bagus
Cukup
Kurang

Tampilkan Hasil Suara

Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?

Bagus (51.2 %)

Cukup (18.5 %)

Kurang (30.3 %)

(2124 Suara)

Anda berada di: Depan > Post
Bursa Kerja Online Atasi Pengangguran
Diposting pada: 2012-02-17 08:13:35 | Hits : 928 | Kategori: SKPD
 

SOLSEL — Angka pencari kerja di Kabupaten Solok Selatan terbilang relatif tinggi. Hingga awal tahun 2012 ini, jumlah usia angkatan kerja yang masih bergerilya mencari pekerjaan mencapai 529 orang.
Untuk itu, Pemkab melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi mencari solusi agar angka pengangguran tidak terus meningkat dari tahun ke tahun, dengan melaunching bursa kerja online (BKOL)
Demikian dikatakan Wakil Bupati Abdul Rahman pada saat melaunching pelayanan BKOL, Senin (13/2) lalu di Kantor Dinsosnakertrans. Lebih lanjut Wabup mengatakan, dengan di-launching-nya BKOL diharapkan bermanfaat besar bagi masyarakat Solsel.
“Bursa kerja online ini diharapkan bermanfaat terhadap penyediaan informasi pasar kerja bagi seluruh masyarakat, terutama anak-anak kita yang belum mendapatkan lapangan kerja sesuai keahlian masing-masing,” katanya.
Abdul Rahman juga mengatakan, dengan BKOL akan mampu mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Solsel, serta terhimpunnya data base tenaga kerja. “Data yang terhimpun melalui bursa kerja online ini tentu juga dapat dimanfaatkan untuk penyusunan kebijakan ketenagakerjaan baik secara mikro dan makro yang disesuaikan proyeksi pertumbuhan nasional,” tambahnya.
Sementara itu, Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Solok Selatan, Khairunas berharap dengan dibukanya bursa kerja online, dengan sendirinya dapat memberikan pelayanan teknologi informasi (IT) mengenai ketenagakerjaan.
Khususnya kepada para pencari kerja di Solok Selatan, yang kualifikasinya sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. “Bursa kerja on line ini diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di Solok Selatan,” Khairunas yang juga ketua DPRD Solsel.
Terpisah, Kabid Tenaga Kerja, Mardiana, kepada Sing galang, menuturkan bahwa untuk mendaftar sebagai pencari kerja tak lah rumit. Cukup dengan datang ke kantor Dinsosnakertrans dan para pencaker akan dilayani oleh petugas. “Prosedurnya tak rumit dan tidak memakan waktu lama,” katanya.
Mardiana mengatakan, untuk terdaftar sebagai pencaker di bursa kerja online, pencaker tak perlu membawa berkas seperti ijazah dan sebagainya. Pencaker hanya datang ke kantor Dinsosnakertrans dengan membawa KTP asli Solsel, dan mengisi formulir pencaker yang telah disediakan.
Selanjutnya pencaker akan difoto. Data di dalam formulir serta foto akan diinput petugas. Selang sepuluh menit kemudian, kartu pencaker AK-1 telah selesai dan bisa dikantongi pencaker. Itu artinya pencaker telah terdaftar secara online sebagai pencari kerja.
Informasi tersebut nantinya akan terakses dengan perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Pencari kerja yang telah terdaftar juga diwajibkan memiliki alamat electronic mail (e-mail).
Gunanya, untuk memudahkan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja mengkonfirmasi pencari kerja yang bersangkutan.
Diterangkan Mardiana, sistem informasi ketenagakerjaan dan job matching melalui bursa kerja on line (BKOL) merupakan aplikasi berbasis web yang menyediakan fasilitas untuk mengelola data-data ketenagakerjaan. Ini dapat digunakan seluruh Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi seluruh Indonesia.
Ada lima fitur utama yang dapat digunakan user atau pengguna tertentu. Salah satunya pendaftaran lowongan kerja online dengan kategori user yakni job offer atau perusahaan penyedia lowongan.
Sebagai informasi pasar kerja, BKOL juga dapat memberikan informasi kepada pelajar dan siswa pelatihan, kepada perusahaan, serta dunia pendidikan. sehingga, pencari kerja dapat bekerja sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, pengalaman dan keterampilannya. Begitupula instansi pemerintah, badan usaha swasta maupun perusahaan perorangan yang membutuhkan tenaga kerja.
“Sistem ini merupakan alat bantu dalam upaya mempermudah dan mempercepat, menghimpun, mengelola dan menyebarluaskan inforamsi pasar kerja,” ujar Mardiana.
Pada hari pertama pelaksanaan BKOL, pencaker yang berminat untuk  bisa terdaftar sebagai member BKOL cukup tinggi.
Mardiana mengatakan, setelah dilaunching, sebanyak 70-an pencaker datang berduyun-duyun ke kantor Dinsosnaker. “Sehari tadi sudah 70 orang yang mendaftar,” sebutnya. (537)

 

Posting Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali